Kurikulum disusun agar lulusan dapat memiliki kemampuan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berikut.
Sikap dan Tata Nilai
A. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
B. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
C. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
D. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
E. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
F. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
G. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
H. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
I. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
J. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
K. menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemiminan dalam berbagai aktivitas.
Penguasaan Pengetahuan
A. menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsipprinsip, konsep-konsep, teori-teori matematika dan pembelajarannya secara komprehensif, baik pada pendidikan formal, informal dan nonformal;
B. mengembangkan Pembelajaran Matematika yang lebih kreatif dan inovatif di jenjang pendidikan menengah maupun tinggi;
C. merancang dan melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Matematika serta mempresentasikannya pada tingkat nasional maupun internasional;
D. mendesain bahan ajar implementatif dengan menerapkan prinsipprinsip, teori, konsep dari hasil penelitian yang berhubungan dengan Pendidikan Matematika;
E. bekerja sama secara multidisiplin dalam mengevaluasi isu-isu kritis bidang pendidikan matematika memecahkan permasalahan, baik dalam bentuk pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat;
F. fleksibel dalam menyikapi, mengadaptasi dan menerapkan pembel¬ajaran mengikuti perkembangan Kurikulum Pendidikan Matematika;
G. mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai guru atau dosen Pendidikan Matematika; dan
H. mampu menguasai dan menerapkan beragam tehnik evaluasi dan assesmen dalam proses Pendidikan Matematika.
Keterampilan Khusus
A. menguasai, mengembangkan, dan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses perkuliahan dan penelitian di bidang Pendidikan Matematika; dan
B. menguasai, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pemanfaatan lingkungan keseharian peserta didik.
Keterampilan Umum
A. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau internasional;
B. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
C. mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
D. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
E. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
F. mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega dan sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
G. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
F. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.